Pengertian Mesin Scanner, Fungsi dan Jenisnya

<br /> <a href="http://trendmesin.blogspot.co.id/2014/05/mesin-scanner.html">Mesin Scanner</a>

trendmesin. Mesin Scanner semakin dibutuhkan di era digital ini. Pentingnya mendigitalisasi dokumen-dokumen penting, baik untuk tujuan administrasi maupun untuk menghindari kerusakan fisik pada dokumen semakin membuat betapa pentingnya manfaat daripada mesin scanner. Bagi Anda yang belum mengetahui apa sih mesin scanner dan apa fungsinya berikut ini sekilas informasi mengenai pengertian mesin scanner, fungsi dan jenis-jenis mesin scanner.

Pengertian Mesin Scanner

Mesin scanner adalah suatu alat elektronik untuk memindai dokumen baik berupa kertas maupun barang untuk disimpan hasilnya pada memory komputer sebagai data digital. Fungsi mesin ini mirip dengan mesin fotokopi, jika mesin fotocopy hasilnya berupa kertas hasil pemindaian/ salinan sedangkan scanner hasilnya disimpan di memory komputer atau ditampilkan pada layar monitor komputer untuk kemudian diolah kembali.

Fungsi Scanner

Fungsi Scanner adalah untuk mengambil salinan data/ informasi pada suatu benda baik 2D atau 3D untuk dijadikan data digital sehingga data tersebut dapat diolah kembali. Jadi jika Anda ingin men-scan foto atau surat maka hasilnya adalah salinan surat atau foto yang sama persis namun dalam bentuk digital yang bisa Anda ubah dengan mengunakan photoshop. Kemudian hasil scan dari benda 2D tersebut dapat Anda rubah dalam format JPEG maupun PDF. Namun mesin scanner berbeda untuk benda 2D dan 3D baik cara penggunaannya maupun fungsinya.

Jenis-jenis Mesin Scanner berdasarkan kegunaan dan cara kerjanya :

1. Scanner Gambar
Scanner gambar merupakan cikal bakal dari semua mesin scanner yang ada. Mesin ini yang paling umum dan paling banyak diketahu oleh masyarakat awam. Sesuai dengan namanya mesin scanner ini digunakan untuk memindai gambar, foto maupun tulisan yang ada pada media kertas yang diletakkan di atasnya. Scanner gambar ini terbagi menjadi 2 jenis, yaitu :
pengertian mesin scanner
- Scanner Gambar Flatbed.
Cara kerja scanner jenis flatbed ini adalah dengan meletakkan dokumen kertas yang berisi tulisan ataupun gambar di atas kaca pada scanner bagian atas. Kemudian proses pemindaian dimulai dengan indikasinya yaitu lampu yang ada di bagian bawah kaca berjalan pelan untuk memindai.

- Scanner Automatic Document Feeder (ADF).
Scanner ADF ini memiliki kemudahan dalam penggunaannya. Anda tinggal meletakkan gambar-gambar pada nampan penampung kertas selanjutnya alat ini secara otomatis akan mengambil sendiri gambar-gambar tersebut dan memindainya untuk selanjutnya disimpan sebagai file digital. dibandingkan dengan jenis flatbed, alat scanner ADF ini mampu memindai pada 2 sisi kertas (bolak-balik) secara bersamaan secara cepat.

2. Drum Scanner
Dengan menggunakan photomultiplier tubes (PMT) untuk memindai, drum scanner mampu menghsilkan kualitas hasil scan yang lebih baik dibanding mesin scanner jenis lainnya. Namun jenis ini sudah tidak banyak digunakan karena harganya yang relative mahal. Orang lebih memilih jenis flatbed yang berkualitas tinggi, dan hanya orang-orang yang benar-benar membugtuhkan kualitas yang baik yang menggunakan drum scanner, seperti seniman yang ingin menyimpan hasil seninya atau pihak museum.

3. Scanner Barcode
Jika Anda melihat kode-kode berupa garis-garis yang berjajar pada sebuah produk, itulah yang dinamakan barcode. Data-data yang tersimpan dalam barcode itulah yang nantinya dipindai oleh scanner barcode untuk mengetahui data-data atau spesifikasi produk tersebut. Jenis ini banyak kita temukan pada kasir-kasir yang ada di swalayan atau supermarket.

4. Scanner Cek
Scanner cek digunakan oleh pihak bank untuk memindai sebuah cek untuk mengetahui keaslian cek tersebut.

5. Scanner Optical Mark Reader (OMR)
Cara kerja scanner OMR ini hamper mirip dengan scanner gambar. Dengan teknologi Optical Mark Reader-nya scanner jenis ini difungsikan untuk memindai Lembar Jawaban Komputer (LJK) yang ada pada sekolah-sekolah atau lembaga pendidikan lainnya.

6. Scanner Sinar-X
Scanner sinar x atau yang disebut sinar rontgen ini banyak kita temui pada rumah sakit-rumah sakit. Scanner ini digunakan untguk memindai bagian dalam sebuah benda seperti tulang untuk mengetahui keadaan bagian dalam benda tersebut.

7. Scanner Logam
Scanner logam digunakan untuk memindai sebuah benda untuk dapat diketahui kandungan logam yang ada pada logam tersebut.

8. Scanner 3 Dimensi
Scanner 3 dimensi digunakan untuk memindai benda-benda secara 3 dimensi. Selain untuk disimpan datanya secara digital, hasil scan benda secara 3 dimensi ini tidak menutup kemungkinan untuk dicetak ulang dengan hasil yang sama persis dengan benda yang telah dipindai dengan printer 3 dimensi di masa-masa mendatang.

Demikian sedikit informasi mengenai pengertian mesin scanner, fungsi dan jenis-jenis mesin scanner, semoga bermanfaat..

Share this article :
+
Apakah Anda menyukai postingan ini? Silahkan share dengan klik di sini
Anonim

Berbagi sedikit informasi tentang mesin-mesin dan alat-alat pendukung wirausaha. Semoga bisa bermanfaat.

Follow me on: Facebook | Twitter | Google+
×
Previous
Next Post »
Copyright © 2013-2017. trendmesin - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger